Welcome In Blogg Andi Ari Setyawan

Rabu, 01 Oktober 2014

Mengenal Java & Android

MENGENAL JAVA DAN ANDROID
1.     Pengertian Java
Java adalah perangkat lunak produksi Sun Microsystem Inc., yang merupakan perangkat lunak pemrogaman untuk beberapa tujuan (multi purpose), multiplatform (dapat berjalan dibeberapa sistem operasi), mudah dipelajari, dan powerful. Aplikasi-aplikasi yang dapat dibuat dengan java, meliputi web programming, dekstop programming, mobile programming. Saat ini Java diakuisi oleh Oracle Inc. yang membuat Java semakin berkembang dengan pesat dan populer.
Perangkat lunak java, sintaknya mirip dengan C, karena bahasa Java dibuat memakai bahasa pemrogamman C dan memyempurnakan kekurangan C. Pertama rilis, Java disebut JDK (Java Development Kit), hingga JDK versi 2 atau Java 2, yang dibagi menjadi 3 edisi, yaitu J2SE (Java 2 standard Edition), J2EE (Java 2 Enterprise Edition), dan J2ME (Java 2 Micro Edition).
·         J2SE adalah teknologi untuk pemrogaman dekstop atau aplikasi layar (console). J2SE merupakan perangkat lunak dasar yang harus diinstal sebelum anda memakai J2EE dan J2ME.
·         J2EE adalah teknologi untukpemrogaman enterprise, seperti pemrogaman database, JSP, Bean, dan lainnya.
·         J2ME adalah teknologi untuk pemrogaman mobile/handphone dan peralatan kecil (small device).
2.     Pengertian Android
Android merupakan sistem operasi perangkat mobile berbasis linux  yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi. Beberapa pengertian lain tentang android :
·         Android adalah platform terbuka (open source) bagi para pengembang (programmer) untuk membuat aplikasi.
·         Android adalah sistem operasi yang dibeli oleh Google Inc. dari Android Inc.
·         Android bukan bahasa pemrogaman, tetapi hanya menyediakan lingkungan hidup atau runtime environment yang disebut DVM (Dalvik Virtual Machine) yang telah dioptimasi untuk alat/device dengan sistem memori yang kecil.
Untuk mengembangkan Android dibentuk OHA (Open Handset Aliance), konsorium dari 34 perusahaan peranti keras (Hardware), peranti lunak (Software) dan telekomunikasi, temasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada tanggal 5 november 2007, Android dirilis pertama kali. Android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile.
Sekitar bulan September 2007, Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis handphone pintar (Smartphone) yang mengunakan Android sebagai sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corp. Dan tersedia dipasaran pada 5 Januari 2008.
Pada tanggal 9 desember  2008, diumumkan anggota baru, yang bergabaung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc., Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.
Sekarang ini banyak vendor-vendor yang menggunakan sistem  operasi Android untuk Smartphone mereka seperti HTC, Motorola, Samsung, LG, HKC, Huawei, Archos, Webstation Camangi, Dell, Nexus, SciPhone, WayteQ, Sony Ericsson, Acer, Philips, Nexian, IMO, Asus dan masih banyak lagi lainya.

Saat ini Android bersaing dengan Appple dalam sistem operasinya untuk PC Tablet. Terdapat 2 jenis distributor sistem operasi Android yaitu GMS (Google Mail Services) dan OHD (Open Handset Distribution).
Sumber referensi : semua bisa menjadi programer android, Ir. Yuniar Supardi. 

1 komentar:

  1. kalo aps buat bikin program java di mobile atau android apa ya ?

    BalasHapus